Dongeng Kanak-kanak knk2 Tentang Kancil dan Gajah

Ini Kisah Kancil : Kancil dan Gajah
Pada suatu hari, ketika si Kancil sedang berjalan-jalan di tengah hutan, tiba-tiba awan gelap dan mendung menggantung pertanda akan turun hujan, si Kancil segera berlari pulang supaya tidak kehujanan.

Karena kurang berhati-hati, si Kancil tidak melihat ada lobang besar di depannya dan karena sangat bersemangat berlari, akhirnya..

Plungg...!!, si Kancil terperosok ke dalam lubang besar tadi, dan ternyata lumayan dalam sehingga si Kancil tidak bisa naik ke atas, alias terjebak didalam lubang..., si Kancil bingung.., bagaimana caranya keluar dari lubang.

Ketika sedang berpikir, tiba-tiba dia mendengar suara langkah berat yang mendekat,"..Blug!..Blug!!.., ,"Ah itu pasti Si Gajah,..wah kebetulan nih, aku punya ide", pikir si Kancil dalam hati. Lalu dipanggilnya si Gajah, "Jah.., Gajahh..kamu mau kemana..?", teriak si Kancil dari dalam lubang.

Si Gajah yang dipanggil lalu berhenti dan melongok ke dalam lubang, sambil bertanya dalam hati,"Siapa ya yang memanggilku..?, lalu si Gajah balik bertanya," Hei siapa itu yang ada di bawah sana.?.. "Aku.. Kancil..!, teriak Kancil. "Hei Kancil ngapain kamu ada di bawah sana..?"

tanya si Gajah. "Weleh ..Jah, apa kamu gak tahu, kalau langit akan runtuh, makanya aku sembunyi di bawah sini." Jawab si Kancil. "Ah masak sih.."Si Gajah tampak bingung. "Kalau gak percaya, coba kamu lihat ke atas, pasti langit sudah dekat ke bumi."jawab Kancil. Tentu saja yang dimaksud si Kancil adalah awan hitam alias mendung yang kelihatannya seperti akan jatuh ke bawah.

Lalu si Gajah mendongak ke atas dan dilihatnya banyak sekalai awan hitam di atas, gajah rupanya gak tahu kalau awan hitam itu adalah mendung yang akan menjadi hujan, dan rupanya si gajah percaya kalau langit akan runtuh. Lalu buru-buru dia berteriak kepada si Kancil, " Cil..Kancil, iya benar langitnya akan runtuh..aku ikut sembunyi ke bawah ya..Cil? "

Ya boleh..boleh.., tapi jangan turun dulu", jawab Si Kancil. "Lha kenapa Cil..".tanya Gajah bingung. "Begini lho Jah,.. kalau kamu langsung turun aku pasti akan terinjak sama kamu,.. jadi aku akan keluar dulu, baru setelah itu kamu turun duluan.., kemudian aku menyusul" terang Si Kancil. "O begitu, lha sudah ayo kamu keluar..!, teriak gajah. " Ya..ya.. tapi tolong julurkan hidungmu, biar aku bisa keluar dengan bantuan hidungmu" teriak kancil dari bawah.

Lalu si gajah menjulurkan belalainya dan langsung diraih oleh kancil, terus ditariknya kancil keluar dari lubang tadi. Sampai di atas Kancil bilang pada si Gajah.., "Oke Jah, sekarang kamu turun duluan". Gajah langsung melompat turun kedalam lubang tadi.. BLLUGG..!!, suaranya sangat keras. "Sudah Cil, sekarang silahkan kalau kamu mau menyusul"kata si Gajah. " Iya Jah.. tapi sebentar ya aku mau cari makanan dulu biar nanti tidak kelaparan di bawah sana. Jawab Kancil sambil berlari pulang.

Tinggalah Gajah sendirian di dalam lubang ..dan setelah beberapa saat Kancil tidak muncul, barulah si Gajah sadar kalau dia baru saja ditipu oleh Kancil." Oh dasar Kancil.., awas ya nanti kalau ketemu akan aku balas" gerutu si Gajah dalam hati.

0 Response to "Dongeng Kanak-kanak knk2 Tentang Kancil dan Gajah"

Post a Comment